Minggu, 06 November 2011

Studi Kawasan Samudera Hindia

Studi kawasan samudera hindia adalah mata kuliah yang mempelajari tentang segala aspek dari samudera hindia, mata kuliah ini merupakan mata kuliah baru di Universitas Andalas, the latest news that I have mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang baru ditawarkan di Indonesia dan berada di Universitas Andalas. :)
berikut materi tentang studi kawasan samudera hindia :

Samudra Hindia adalah kumpulan air terbesar ketiga di dunia, meliputi sekitar 20% permukaan air Bumi. Di utara dibatasi oleh selatan Asia, di barat oleh Jazirah Arabia dan Afrika, di timur oleh Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, dan Australia, di selatan oleh Antartika. Samudra ini dipisahkan dengan Samudra Atlantik oleh 20° timur meridian, dan dengan Samudra Pasifik oleh 147° timur meridian.
Luas Samudra Hindia mencapai ± 73.481.000 km² dengan kedalaman rata-rata 3.850 m. Samudra ini terletak di sebelah Selatan Benua Asia, sebelah Barat Australia, sebelah Timur dan Selatan Afrika, serta berbatasan dengan Kutub Selatan. Berikut ini karakteristik Samudra Hindia.
  • Sebagian besar wilayahnya berada di belahan bumi Selatan.
  • Satu-satunya samudra yang seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Timur.
  • Wilayah perairannya berfungsi sebagai penyedia air hujan bagi gejala alam angin monsun untuk sebagian wilayah Asia dan Australia.
  • Samudra Hindia memiliki arus yang relatif tenang dan jarang terjadi badai.
  • Samudra Hindia memiliki beberapa palung laut, seperti Palung Jawa (7.450 m), Palung Weber (7.440 m), dan Palung Diamantina (7.102 m).

Potensi yang ada di samudera hindia ini yang populer diantaranya adalah sumber daya ikan tuna, dan tantangan yang ada di sanudera hindia ini tentu saja TSUNAMI dan masih ada beberapa faktor lainnya berkaitan dengan kegiatan ekspor ikan tuna.
Indian Ocean Rim Association for Regional Cooperation (IOR-ARC) adalah satu-satunya organisasi regional yang menggandeng negara-negara di sepanjang wilayah Samudera Hindia. Organisasi ini digerakkan oleh tiga pilar yaitu akademisi, bisnis dan pemerintah. IOR-ARC merupakan organisasi yang keanggotaannya terdiri dari negara-negara yang berbatasan dengan laut India. Organisasi ini dideklarasikan di Mauritius pada bulan Maret 1997.
Indonesia menjadi anggota IOR-ARC bersama dengan 17 negara lainnya, yaitu Australia, Bangladesh, India, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambique, Oman, Singapura, Afrika Selatan, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab dan Yaman. Mitra wicara IOR-ARC terdiri atas Cina, Mesir, Perancis, Jepang, dan Inggris, sedangkan Indian Ocean Tourism Organisation memiliki status peninjau.
 
 
IOR-ARC bertujuan untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi dalam kawasan. Kerjasama dalam kerangka ini dikembangkan dalam tiga jalur utama yaitu:
a.    Akademisi melalui forum IOR-Academic Group (IORAG),
b.    Pengusaha melalui IOR-Business Forum (IOR-BF) dan
c.    Jalur kegiatan perdagangan dan investasi melalui Working Group on Trade and Investment (WGTI).

Setiap kelompok kerja itu memiliki perwakilan bisnis dan akademisi yang memastikan bahwa berbagai titik perbedaan pandangan dan kepentingan tercermin sepenuhnya dalam program kerja organisasi IOR-ARC. Mekanisme kelembagaan kerjasama dilakukan melalui pertemuan Council of Ministers (COM) dan Committee of Senior Officials (CSO). Pertemuan COM dan CSO dilangsungkan setahun sekali.
Info selanjutnya tentang IOR-ARC bisa di liat di website kementrian luar negeri www.kemlu.go.id, www.iorgroup.org, www.ior-rcstt.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar